JUAL KERIS KUNO DAN KAMARDIKAN MURAH DI JOGJA



SILAHKAN DATANG LANGSUNG KE TEMPAT KAMI UNTUK MELIHAT KOLEKSI KAMI



KERIS
Adalah sebuah senjata kebanggan Indonesia dari segi seni dan budaya. Tergolong ke dalam wesi aji. Dilihat secara garis besar waktu pembuatan keris ada keris kamardikan dan keris tua ( sepuh ). Meskipun di sini sayaa jual barang kuno namun saya tidak akan menyebut yang tidak nampak. Hanya lebih pada melestarikan budaya Indonesia. Tangguh keris bermacam-macam mulai dari mataram sampai singosari. Namun ada juga kabudhan namun belum sesempurna tangguh di atasnya. Bentuknya belum benar-benar menyerupai keris pada umumnya.

Beberapa Keris Kuno atau sepuh Yang Kami Jual berdasar dapur :
KATEGORI DAPUR
1. Omyang Jimbe pamor pamekang jagat
2. Jangkung
3. Pandawa

KATEGORI PAMOR
Keris kuno yang kami jual berdasar pamor :
1. Keris pamor Singkir
2. Pancuran mas
3. Udan mas

KATEGORI KERIS KAMARDIKAN
Keris kamardikan adalah keris yang estimasi pembuatannya di atas tahun setelah Indonesia merdeka. Artinya setelah tahun 1945.
Beberapa keris kamardikan yang kami jual diantaranya :
1. Nogo Topo
2. Sabuk Inten

TOMBAK JAWA


FOTO 
Maaf kami belum sempat memfoto keris yang kami jual, kalau tertarik silahkan datang ke tempat kami langsung.

MENGENAL KERIS
Salah satu keunikan keris ( namun tidak selalu ada pada keris ) adalah luk atau lekuk pada keris tersebut. Dan luk ini juga tidak pernah berjumlah genap jadi selalu berjumlah ganjil.
Keris selain sebuah senjata juga merupakan sebuah seni karya dunia yang memiliki filosofi pada tiap bagiannya. Senjata yang satu ini adalah senjata yang terbuat dari berbagai jenis besi dan logam yang unik. Bahkan juga terkadang pamor pada keris terbuat dari emas berkualitas. Guratan pamornya melukiskan arti dan filosofi tersendiri. Ada nilai yang lebih besar dari sekedar segi keindahan. 

PEMBUAT KERIS
Seorang pembuat keris dinamakan Empu dan seorang pembuat keris tentunya memiliki berbagai pengetahuan mengenai senjata yang satu ini plus dengan nilai estetikanya.

LATAR BELAKANG PENJUALAN KERIS
Banyaknya orang yang menolak menyimpan keris dan justru membuangnya membuat hati saya sedih. Kenapa sama-sama produk kebudayaan bangsa harus dibeda-bedakan semisal dengan batik. Padahal keris merupakan peninggalan yang sangat erat dengan sejarah karena terkadang diturunkan hingga turun temurun. Artinya telah digunakan berabad-abad sehingga nilai historis sangat lekat dengan benda yang satu ini. Sehingga saya tertarik menjual atau mengalihrawatkan benda ini kepada orang yang mencintai budaya Indonesia dan membeli dari orang yang sudah tidak mau merawatnya lagi.

PEMBELI YANG KAMI PRIORITASKAN
1. Kami memprioritaskan khusus produk keris hanya untuk orang Indonesia karena saya sangat kuatir apabila dijual ke luar negeri lama-lama habis. Karena keris kuno yang saya miliki memang kuno jadi sangat limited dan dibuat dengan tangan empu dan bukan cetakan sehingga bentuknya pun hanya ada satu satu dan tidak ada yang sama identik.
2. Kami tidak menjual keris-keris kami kepada orang yang mencari tuah, khodam dll. Karena kami tidak semata-mata mencari keuntungan namun juga melestarikan peninggalan sejarah. Namun kami lebih memilih konsumen yang memahami keris dari secara pengetahuan sejarah, karakteristik bahan, pamor dan dhapur dll. Karena berkah Tuhan lebih baik buat kami. 

KEUNTUNGAN MEMILIKI KERIS KUNO
1. Ikut melestarikan peninggalan sejarah.
2. Sarana investasi yang menguntungkan. Karena keris kuno sudah tidak bisa lagi diproduksi karena pembuatannya harus berabad-abad lalu.
3. Tidak ada standar baku mengenai harga keris. Sebagai sebuah karya seni sejarah keris.
4. Bila anda sertifikatkan anda akan mengetahui estimasi tepat mengenai waktu pembuatan dan tangguhnya sehingga menambah nilai ekonomis menjadi semakin tinggi. 
5. Only One. Hanya ada satu. Artinya setiap keris yang dibuat oleh empu tidak akan bisa sama persis dengan keris yang lain karena dibuat dengan manual dan bukan cetakan. Sehingga tak jarang orang dulu mewariskan keris kepada keturunannya karena alasan ini dan menjadi simbol dari keturunan seseorang karena jaman dulu tidak ada ktp. 

KESALAHPAHAMAN MENGENAI KERIS
Ada banyak kesalahpahaman yang sangat disayangkan sekali mengenai benda karya besar leluhur kita ini. Di mana seharusnya kita menjaga sebagai sebuah warisan leluhur atau bahkan warisan dunia karena sudah disahkan UNESCO. Sangat tragis kalau produk budaya dan sejarah ini dikonotasikan sebagai sumber banyak hal negatif. Sehingga orang Indonesia tidak mau merawat peninggalan ini, dan lebih anehnya lagi saya melihat web-web asing di luar negri banyak memperdagangkan keris. Jangan-jangan suatu saat anak cucu kita kalau mau melihat keris harus berkunjung ke luar negri. Ini sangat aneh. Orang luar negri sangat sadar betul kalau keris ini menjadi salah satu bentuk investasi yang bagus.
1. Dianggap bisa Membahayakan Karena Ada Penunggunya
Ini adalah sebuah kesalahan yang berakibat pada dibuang atau dilarungnya keris kuno baik di laut atau sungai sehingga populasinya terus menurun padahal keris kuno baik tangguh mataram hingga kabudhan tidak diproduksi lagi alias tidak ada penambahan jumlah baru lagi. Sehingga ke depan jumlahnya semakin sedikit. Toh banyak dari orang bule mengkoleksi keris dan fine-fine aja kog.

2. Menjadi Penyebab Kemusyrikan
Keris adalah sebuah senjata dan peninggalan sejarah. Sangat konyol apabila bisa menjadi sebuah kemusyrikan karena dilebih-lebihkan dari fungsinya. Padahal orang Islam di jawa waktu itupun menggunakan keris sebagai senjata untuk jihad membela agama dan tanah air. Mereka tidak menggunakan katana karena mereka bukan orang jepang. Yang menjadikan sesuatu syirik adalah pikiran dan perbuatan terhadap sebuah benda. Jangankan keris, anda menyembah seorang manusia pun pastilah syirik. Jadi jangan terpaku pada objeknya. 

3. Membawa Tuah atau Kemuliaan
Tuhanlah yang menentukan kemuliaan bagi seseorang bukan benda. 










0 Response to "JUAL KERIS KUNO DAN KAMARDIKAN MURAH DI JOGJA"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.